JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

 

HALTIM - Kecamatan Wasile Selatan Kabupaten Halmahera Timur mempunyai potensi peningkatan indeks pertanaman. Hal ini disebabkan masih adanya lahan bongkor maupun lahan yang belum digarap sama sekali. Pada 2019 Wasile Selatan mendapatkan alokasi kegiatan tumpang sari tanaman (turiman) padi gogo dan jagung seluas 523 ha. Pada tahun ini pula BPTP Maluku Utara mengadakan Demplot Turiman seluas 5 ha di Desa Akejawi.

Guna menyuskeskan program tersebut serta untuk bertukar informasi dengan para petani maka pada tanggal 20 Agustus 2019 dilakukan Bimbingan Teknis Pengembangan Pola Tanam dan Sumber Daya Air Mendukung Peningkatan Indeks Pertanaman. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara BPTP Maluku Utara dengan BPP Wasile Selatan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor BPP Wasile Selatan dihadiri sekitar 80 peserta baik dari petani kooperator, petani dari Poktan/Gapoktan, serta PPL. Materi yang disampaikan ada 4, yaitu (1) Penguatan Kelembagaan Kelompok Tani oleh Winda Zainiyah, (2) Pestisida dan Teknik Aplikasi oleh Hermawati Cahyaningrum (3) Budidaya Turiman oleh Bayu Suwitono, dan (4) Sosialisasi KATAM Terpadu oleh Novendra Cahyo Nugroho.

Bersama kegiatan bimbingan teknis, juga dilaksanakan monitoring pertumbuhan tanaman di 3 hamparan kegiatan (padi – kedelai, jagung – kedelai, dan padi – jagung). Secara umum, pertumbuhan tanaman baik, belum ada kendala hama dan penyakit hanya saja gulma tumbuh dengan subur. Rencana tindak lanjut adalah penyiangan gulma dan pengamatan pertumbuhan tanaman padi, jagung, dan kedelai di masing – masing hamparan.