JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

 

Ternate - Berdasarkan peta Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA) yang dirilis Badan Ketahanan Pangan Kementan, terdapat 3 kabupaten dan 23 kecamatan yang masuk dalam kategori rentan rawan pangan di Provinsi Maluku Utara. Rentan rawan pangan berbeda dengan rawan pangan. Di Maluku Utara belum ada daerah yang masuk kategori rawan pangan, yang ada adalah rentan rawan pangan berdasarkan indikator seperti ketersediaan pangan, akses pangan, pemanfaatan pangan dan kerentanan terhadap kerawanan pangan transien, demikian disampaikan Dr.Agung Hendriadi, M.Eng saat rapat koordinasi sinergi program pengentasan daerah rentan rawan pangan di Maluku Utara yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Grand Dafam, Ternate (5/2/2020).  

Upaya mengentaskan daerah rentan rawan pangan membutuhkan sinergi dan kerja sama antara pemangku kepentingan terkait. Kerja sama ini terus didorong oleh Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian.

Untuk itu, Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi juga melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba, dalam upaya pengentasan daerah rentan rawan pangan.

Agung juga menyampaikan bahwa Kementan tidak bisa bekerja sendiri untuk menyelesaikan persoalan di wilayah rentan rawan pangan dan stunting. “Ini kerja bersama yang membutuhkan sinergi antarlembaga di daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba mengingatkan bahwa setiap pejabat aparatur sipil negara (ASN) harus bekerja turun hingga ke desa-desa agar tidak ada lagi warga Malut yang masuk kelompok miskin.

"Bagaimana mungkin, di daerah yang memiliki laut dan tanah darat yang luas seperti ini, masih ada warga yang mengalami kemiskinan,” kata Abdul Gani Kasuba.

Rakor ini juga dihadiri Kepala BPTP Maluku Utara, Dr. Ir. Bram Brahmantiyo, MSi Bersama jajarannya dalam merespon dukungan terhadap program BKP di Maluku Utara seperti family farming, Obor Pangan Lestari (OPAL), Pertanian Masuk Sekolah (TaniMas), dan Pekarangan Pangan Lestari.