JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pelatihan ini diharapkan agar petani juga harus mulai mengerti bagaimana cara mengendalikan berbagai penyakit tanaman, khususnya dengan pengendalian hayati. Trichoderma Adalah, bahan pengendali hayati yang dapat mengendalikan beberapa jenis penyakit pada tanaman. Trichoderma merupakan cendawan antagonis yang banyak terdapat di tanah dan banyak digunakan untuk pengendalian pathogen tanah. Cendawan ini telah dapat diperbanyak dengan mudah, baik di laboratorium pengamatan hama dan penyakit tanaman, maupun di tingkat petani.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan meliputi: Cara perbanyakan/membuat Trichoderma dengan menggunkan beras dan aplikasinya pada tanaman pala dgn 2 metode yaitu infus akar dan benam, untuk pengendalian lalat buah yg dapat menjadi faktor dalam penyebaran penyakit di gunankan perangkap lalat buah sederhana menggunkan limbah berupa botol plastik bekas air mineral dan penggunaan petroeugenol sebagai feromon. Materi disampaikan berupa teori dan dilanjutkan dgn praktek di lapangan.

Penggunaan agen hayati Trichoderma sp diharapkan dapat melepaskan ketergantungan petani pada bahan kimia dan menciptakan pertanian organik yang ramah lingkungan.