JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

 

Gane Barat - Gempa yang terjadi di Kawasan Gane, Kab. Halmahera Selatan tanggal 14 Juli dengan magnitudo yang cukup besar 7,2 SR telah menyisakan berbagai kerusakan rumah dan fasilitas umum bahkan terdapat korban jiwa meninggal dan luka-luka. Keluarga besar BPTP Maluku Utara berupaya menggalang bantuan kemanusiaan dan pada hari Selasa (17/7), tim BPTP mendistribusikan bantuan ke POSKO lapangan di Saketa, Kecamatan Gane Barat. 

Setelah menempuh perjalanan selama 6 jam dari Sofifi, tim tiba di Saketa, Kecamatan Gane Barat, Kab. Halmahera Selatan. Aksesibilitas darat mnuju lokasi POSKO bantuan secara umum cukup baik meskipun di beberapa titik terdapat bahu jalan yang longsor dan 15 titik pembangunan jembatan.

Sesampai Posko logistik Saketa yang berada di Puskesmas Kecamatan Gane Barat, tim BPTP di sambut oleh Bapak Dahrun Kasuba, Sekretaris Kesbangpol Kab. Halsel dan Affandi, Anggota KODIM 1509 Labuha. Bantuan yang berupa beras, mie instan, air mineral, bubur bayi, biskuit, pembalut wanita, pampers bayi, Obat2xan, terpal, dan pakaian layak pakai telah diserahkan kepada petugas di POSKO untuk selanjutnya akan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Hasil pantauan selama perjalanan, tidak hanya aparat pemerintah, Kementerian/Lembaga, TNI, dan POLRI, namun banyak juga ditemui relawan dari lembaga-lembaga sosial yang membantu masyarakat di wilayah Gane. Sampai kemarin sore, masyarakat masih banyak yang mengungsi di daerah ketinggian dikarenakan sesekali masih ada aftershock.

Hasil diskusi dengan relawan dan tim di POSKO, kendala yang ditemui adalah distribusi bantuan ke wilayah yang belum ada akses jalan darat menjadi hambatan seperti di Kecamatan Kepulauan Joronga, Gane Timur selatan, dan Gane barat selatan. Semoga ketulusan seluruh Masyarakat yang membantu bisa menjadi ladang amal buat kita semua.