JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Peta Perwilayahan Komoditas

Peta Perwilayahan Komoditas

Pembangunan pertanian dirumuskan untuk mencapai optimalisasi pemanfaatan sumberdaya alam dan teknologi tepat guna yang murah, sederhana, dan efektif disertai penataan dan pengembangan kelembagaan di perdesaan. Sejalan dengan arah pembangunan pertanian tersebut, peran pemerintah diharapkan mampu memfasilitasi kebutuhan petani terutama terkait dengan rekomendasi teknologi spesifik lokasi berbasis potensi alam di daerah. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, pendekatan dalam perencanaan pembangunan pertanian diharapkan mampu berorientasi pada resources base yang berarti bahwa kedudukan sumberdaya alam di suatu wilayah merupakan titik sentral perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

Peta pewilayahan komoditas memberikan informasi spasial terkait karakterisasi kesesuaian lahan melalui identifikasi dan evaluasi potensi sumberdaya lahan. Evaluasi lahan merupakan salah satu usaha untuk menilai kesesuaian suatu bidang lahan untuk pengembangan komoditas pertanian yang diwujudkan dalam bentuk peta pewilayahan komoditas. Potensi dan kesesuaian lahan di setiap wilayah berbeda-beda, tergantung pada kondisi kualitas atau karakteristik lahan, yang ditentukan oleh faktor tanah, air, dan iklim. Adanya keragaman sifat-sifat tanah, air, dan iklim, dapat digunakan sebagai dasar pemilihan berbagai komoditas yang sesuai untuk dikembangkan di suatu wilayah.

Dengan adanya informasi spasial dalam bentuk peta pewilayahan komoditas, diharapkan tidak lagi terjadi kesalahan alokasi zona budidaya untuk komoditas tertentu, sehingga produk pertanian yang dihasilkan menjadi lebih optimal, baik kuanatitas, kualitas maupun kontinuitasnya. serta mampu mengurangi resiko pertanian akibat cekaman kekeringan, banjir, bencana alam dan outbreak hama dan penyakit.