JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Teknologi Peningkatan Produktivitas Cengkih... Perlu Dicoba!

 

   Cengkih  (Syzygium aromaticum L. Merr & Perry) merupakan tanaman perkebunan tropis dan rempah asli Indonesia. Berbicara mengenai cengkis, komoditas satu ini memang tidak terpisahkan dari Maluku Utara khususnya Ternate, Tidore, Bacan dan beberapa lokasi lainya. Tak hanya dikenal masyarakat Indonesia saja, cengkih Maluku Utara juga sudah terkenal hingga mancanegara. Kebun cengkih di Maluku Utara umumnya kurang dibudidayakan secara optimal, padahal agroekologinya sangat mendukung. Secara umum pasokan cengkih di Maluku Utara sangat bergantung pada musim berbuah dan kondisi pertanaman. Maluku Utara sendiri sudah memiliki satu varietas cengkih unggul nasional yaitu varietas Afo, yang mana menurut sejarah cengkih Afo dapat tumbuh hingga ratusan tahun. Berdasarkan data BPS Provinsi Maluku Utara, luas area perkebunan cengkih di Maluku Utara pada tahun 2019 seluas 23.170 ha, dimana produksinya mencapai 4.225 ton.

     Secara umum kendala atau permasalahan pada tanaman cengkih dewasa di Maluku Utara ialah: a) tanaman cengkih banyak yang tumbuh tinggi menjulang yang mana akan mempersulit waktu panen/risiko kecelakaan tinggi, b) tanaman cengkih tidak banyak yang berbunga atau berbunga dalam periode waktu yang cukup lama (mencapai > 5 tahun), c) tidak ada penambahan nutrisi untuk tanaman (tidak dilakukan pemupukan). Hasil pengkajian teknologi yang telah dilakukan BPTP Maluku Utara, dalam bentuk paket teknologi peningkatan produktivitas cengkih spesifik lokasi (Pemupukan NPK dan ZPT Paclobutrazol) dinilai tepat untuk diterapkan petani cengkih dalam mengatasi permasalahan tersebut. Langkah-langkah penggunaan teknologi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mempersiapkan alat dan bahan : ZPT Paclobutrazol, pupuk NPK, air bersih, bor tanah, alat suntik, dan gelas ukur.
2. Timbang pupuk NPK 16:16:16 sebanyak 2,5 (umur tan. s/d 10 tahun) atau 3,0 (umur tan. s/d. 20 tahun) atau 3,5 kg (umur tan. s/d 30 tahun).
3. Buatlah lubang sedalam 20-25 cm menggunakan bor tanah sebanyak 3/4/5 lubang per pohon sesuai lebar tajuk tanaman cengkeh.
4. Ukur ZPT Paclobutrazol sebanyak 14 ml menggunakan alat ukur (alat suntik) dan masukkan dalam air bersih sebanyak 240 ml shg jadi larutan Paclobutrazol
5. Pupuk NPK (2,5 kg) dimasukkan dalam 3 lubang/pohon, disusul larutan Paclobutrazol (dibagi pada 3 lubang), kemudian lubang ditutup dengan sisa-sisa serasah daun dan tanah.
6. Aplikasi teknologi lebih baik di musim hujan.

     Beberapa keunggulan dari paket teknologi peningkatan produktivitas cengkih spesifik lokasi (pemupukan NPK dan ZPT Paclobutrazol) adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan ketebalan daun.
2. Menekan jumlah bercak penyakit cacar daun cengkeh.
3. Meningkatkan kandungan klorofil (warna daun semakin hijau tua).
4. Menekan pertumbuhan vegetatif.
5. Mempercepat terbentuknya bunga cengkeh (12 bulan).