JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berdayakan Peran Wanita Tani, BPTP Maluku Utara Hilirkan Inovasi Produk Turunan Kelapa

[Tobelo, 30/09/2021] Kelapa merupakan komoditi strategis yang memiliki peran sosial, budaya, ekonomi dalam kehidupan masyarakat di Halmahera Utara. Selain itu, kelapa menjadi salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Halmahera Utara yang berkontribusi dalam pendapatan rumah tangga petani. Salah satu tugas BPTP Maluku Utara adalah melaksanakan hilirisasi inovasi teknologi pertanian.

Dalam upaya menderaskan hilirisasi inovasi teknologi, BPTP Maluku Utara melalui kegiatan Pendampingan KORPORASI melakukan pelatihan kepada ibu-ibu dari kelompok tani yang berada di Desa Sekamaju Kec. Tobelo Barat Halmahera Utara yang dilaksanakan pada 30 September 2021. Inovasi teknologi pembuatan kelapa parut kering dan briket arang tempurung merupakan upaya meningkatkan nilai tambah produk kelapa dan mengoptimalkan peralatan (mesin penepung, oven pengering dan mesin saringan) yang sebelumnya tidak dimanfaatkan.

Pelatihan dibuka oleh perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Halmahera Utara yang diwakili oleh Kasie. Perkebunan (Rivai, SP). Dalam sambutannya, Dinas Pertanian Halmahera Utara sangat mengapresiasi BPTP Maluku Utara dengan adanya pelatihan di masa pandemi ini. Terutama dalam memberikan materi pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan petani dan potensi sumber daya serta mengoptimalkan peralatan tidak dimanfaatkan. Harapannya, setelah pelatihan produk yang dihasilkan dapat kontinyu dan memberikan tambahan pendapatan bagi rumah tangga petani.

Pelatihan yang dilaksanakan di ruang terbuka diikuti oleh 24 peserta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yang terdiri atas ibu-ibu perwakilan dari 5 kelompok yang ada di Desa Sukamaju. Dua materi penting yang dibahas pada pelatihan, yaitu inovasi pembuatan kelapa parut kering, dan pembuatan briket arang tempurung, dengan narasumber Dr. M. Assagaf, MSi. Selain itu, disampaikan juga inovasi modifikasi rumah kopra putih dan pemanfaatan asap cair.

Dengan Pelatihan ini diharapkan adanya peningkatan nilai tambah produk olahan kelapa yang memberikan tambahan pendapatan bagi rumah tangga petani di Halmahera Utara.