JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

 

Sofifi - Masih dalam suasana new normal, BPTP Malut menggelar padupadan kegiatan penelitian dan pengkajian (Litkaji) pertanian Maluku Utara secara virtual, Selasa (9/6/2020). Kegiatan ini bertujuan untuk menggali dan menajamkan usulan topik topik Litkaji tahun 2021 yang sesuai dengan kebutuhan daerah. Rapat dihadiri oleh Kadistanprov, Kadispanganprov, Kepala Balitbangda, Ketua organisasi profesi seperti PERAGI, PERHIMPI, akademisi Univ khairun, dan peneliti penyuluh BPTP.

Dalam sambutannya, Dr. Abdul Wahab, Kepala BPTP Malut menekankan perlunya kolaborasi dalam litkaji. Saat kondisi seperti ini, kerjasama penelitian baik dari akademisi, birokrasi, dan peneliti akan lebih meningkatkan daya hasil pengkajian, "ujarnya.

Tahun 2021, topik Litkaji yang masih menjadi prioritas adalah peningkatan produktivitas dan nilai tambah pala, cengkeh dan kelapa. Teknologi epicotyl grafting pala, perbaikan mutu bibit cengkeh, model peremajaan pala dan kelapa serta teknoekonomi alat pengering cengkeh solar dome dryer akan mewarnai hasil litkaji tahun depan. Topik komoditi spesifik lokasi lainnya akan dibuat model superimpose melalui kegiatan diseminasi. Pemantik diskusi pada kegiatan tersebut adalah para ketua kelompok peneliti yaitu Dr. Fredy lala, Dr. Wawan Sulistiono, dan Dr. M. Assagaf.