JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

 

Ternate - Penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Indonesia cenderung terus meningkat dari waktu ke waktu, menimbulkan korban jiwa dan kerugian material yang lebih besar, dan telah berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat terutama petani. Kementerian Pertanian meluncurkan program mitigasi berupa bantuan pangan bagi rumah tangga petani (RTP) terdampak Covid-19 di Provinsi Maluku Utara. Kegiatan ini bekerjasama dengan tim rumah aspirasi anggota DPR RI Komisi IV dari Maluku Utara, Ibu Alien Mus.

Jumlah rumah tangga petani yang menerima bantuan sebanyak 1100 RTP dengan rincian bantuan per paket adalah beras 10 kg, gula 1 kg, minyak goreng 1 ltr, bawang merah 1 kg, susu kental manis 500 gr, dan susu cair 4 botol. Bantuan tahap 1 disalurkan bagi 550 rumah tangga petani di Kota Ternate yang terdiri dari Kecamatan Moti 50 RTP, Ternate Tengah 75 RTP, Ternate Utara 75 RTP, Ternate Selatan 100 RTP, Pulau Ternate 125 RTP, dan Ternate Barat 125 RTP. Penyaluran bantuan dilakukan langsung oleh Kasubag TU BPTP Malut dan Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate, Minggu (14/6/2020). Penyaluran berikutnya di agendakan di Kab. Halmahera Barat pada hari Rabu depan sebanyak 550 RTP. 

Dalam rilisnya, Kepala BPTP Maluku Utara, Dr. Abdul Wahab menyampaikan selain untuk rumah tangga petani, Kementan juga telah menyalurkan bantuan kepada tenaga pertanian kontrak Maluku Utara seperti penyuluh pertanian lapangan, dan petugas pengamat OPT (POPT) sebanyak 138 Orang. Adanya program bantuan pangan ini diharapkan dapat meringankan beban rumah tangga petani dan tenaga pertanian kontrak untuk menyongsong tatanan kehidupan baru (new normal) di sektor pertanian.