JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
 

  Wasile, Bupati Halmahera Timur, Drs. H. Ubaid Yakub MPA bersama Kepala BPTP Maluku Utara Dr. Abdul Wabab melaksanakan panen bersama VUB Padi Inpari-32 di lahan demplot seluas 10 ha di Desa Cemara Jaya Kecamatan Wasile Kabupaten Halmahera Timur pada 22 Juli 2021. Dalam kesempatan tersebut turut hadir pula, Wakil Bupati Halmahera Timur,  Ketua tim penggerak PKK, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Halmahera Timur, Camat Wasile, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa Cemara Jaya, petani kooperator dan petani disekitar lokasi demplot.

   Demplot pengembangan VUB Inpari-32 yang dilaksanakan BPTP Maluku Utara bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan benih padi yang unggul dan bermutu di wilayah Hamahera Timur. Adapun teknologi yang diterapkan adalah Teknologi Jajar Legowo Super dengan komponen teknologi diantaranya ialah penggunaan benih VUB Inpari-32, penggunaan jarak tanam legowo 2:1 [(20 x 10) x 40 cm], pengujian pH dan hara tanah menggunakan PUTS. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemupukan berdasarkan kebutuhan ( 150 kg NPK/ha pada 10 HST, 150 kg NPK/ha + 50 kg UREA/ha pada 30 HST, dan 150 kg NPK/ha pada 45 HST), Aplikasi Biodekomposer dan Bioprotektor, penanganan hama & penyakit terpadu, dan penggunaan combine harverster untuk panen.

Bupati dan wakil Bupati Halmahera Timur mendukung penuh program-program kementerian pertanian yang dilaksanakan di Halmahera Timur. Dalam sambutanya, Bupati menyampaikan bahwa  Halmahera Timur merupakan kabupaten dengan angka kemiskinan tertinggi di Maluku Utara, akan tetapi jjuga memiliki potensi pertanian yang sangat luas. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengentaskan kemiskinan dan peningkatan ekonomi masyarakat adalah dengan mendongkrak pada sektor pertanian. Demikian juga Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Halmahera Timur, bersyukur dan senang program demplot VUB di lokasi sentra padi Maluku Utara. Kepala Balai, berterima kasih atas koordinasi dan terlaksana program diseminasi VUB, yang sudah menjadi salah satu tugas BPTP.